Main Article Content

Abstract

Latar Belakang: Gout Arthritis merupakan kondisi dimana ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat secara seimbang
sehingga menyebabkan kadar asam urat dalam darah menjadi berlebihan. Lansia yang menderita Gout Arthritis pada
umumnya merasakan nyeri, pembengkakan, dan rasa kaku pada bagian persendian tangan dan kaki. Apabila nyeri tidak
segera diobati maka dapat mengganggu aktivitas, sehingga terapi kompes hangat jahe merupakan salah satu terapi nonfarmakologis yang dapat digunakan untuk menurunkan skala nyeri pada lansia dengan Gout Arthritis. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengaplikasikan terapi kompres hangat jahe untuk mengurangi nyeri pada lansia yang mengalami Gout Arthritis. Metode: Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan teknik sampling yaitu purposive sampling. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah dua lansia dengan Gout Arthritis yang mengalami nyeri dengan skala 5 sampai dengan 6. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, pemeriksaan fisik dan dokumentasi. Hasil: Hasil penelitian ini didapatkan bahwa terapi kompres hangat jahe selama 7 hari intervensi pada dua lansia dapat menurunkan skala nyeri Gout Arthritis. Pada klien 1 terjadi penurunan skala nyeri dari skala 6 ke skala 1. Kemudian pada klien 2 terjadi penurunan skala nyeri dari skala 5 ke skala 0. Kesimpulan:Terapi kompres hangat jahe dapatmenurunkan skala nyeri pada lansia dengan Gout Arthritis

Keywords

Gout Arthritis Pain Warm Ginger Compress

Article Details

How to Cite
Lestari, P., Priyanto, S., & Purborini, N. (2024). Aplikasi Kompres Hangat Jahe Terhadap Penurunan Skala Nyeri Pada Lansia Dengan Gout Arthritis . JURNAL KEPERAWATAN CIKINI, 5(2), 129 - 135. https://doi.org/10.55644/jkc.v6i02.139

References

  1. Ardhiatma, F., Rosita, A., & Lestariningsih, R. E. M. (2017). Hubungan Antara Pengetahuan Tentang Gout Arthitis Terhadap Perilaku Pencegahan gout Arthitis Pada Lansia. Global Health Science, 2(2), 111–116.
  2. Arjani, I. (2018). Gambaran Kadar Asam Urat, Glukosa Darah Dan Tingkat Pengetahuan Lansia Di Desa Samsam Kecamatan Kerambitan Kabupaten Tabanan. Meditory : The Journal of Medical Laboratory, 6(1), 46–55.
  3. Ilham. (2020). Pengaruh Kompres Hangat Menggunakan Jahe Merah Terhadap Penurunan Skala Nyeri Pada Penderita Gout Arthritis. Bina Generasi : Jurnal Kesehatan, 11(2), 17–22.
  4. Manafe, L. A., & Berhimpon, I. (2022). Hubungan Tingkat Depresi Lansia Dengan Interaksi Sosial Lansia di BPSLUT Senja Cerah Manado. Jurnal Ilmiah Hospitality 749, 11(1), 749–758.
  5. SDKI. (2017). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia (Cetakan II). Dewan Pengurus Pusat, Persatuan Perawat Nasional Indonesia.
  6. SIKI, T. P. (2016). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia.
  7. SLKI. (2018). Standar Luaran Keperawatan Indonesia (Cetakan II). Dewan Pengurus Pusat, Persatuan Perawat Nasional Indonesia.
  8. Sriwiyati, L., & Noviyanti, D. (2018). Efektivitas Kompres Jahe Terhadap Penurunan Skala Nyeri Sendi Penderita Asam Urat Di Desa Tempurejo Dan Jurug Jumapolo Karanganyar. KOSALA : Jurnal Ilmu Kesehatan, 6(1), 47–54.
  9. Sunarti dan Alhuda. (2018). Pengaruh Kompres Hangat Jahe Merah (Zingiber Officinale Roscoe) Terhadap Penurunan Skala Nyeri Artritis Reumatoid Pada Lansia. Jurnal Keperawatan Priority, 1(1), 48–60.
  10. Wilda, L. O., & Panorama, B. (2019). Kompres Hangat Jahe Terhadap Perubahan Nyeri Pada Lansia Dengan Artritis Gout. Journals of Ners Community, 11(1), 28–34.