Main Article Content

Abstract

Media sosial (social media) adalah media online dimana para penggunanya dengan mudah berbagi, berpartisipasi dalam dunia virtual. Remaja merupakan pengguna paling dominan menggunakan media sosial. Akibatnya memberikan dampak positif dan negatif. Dampak negatifnya menimbulkan harga diri rendah serta dampak positif nya adalah mendapatkan dukungan, serta dapat meningkatkan harga diri. Harga diri adalah suatu evaluasi seseorang terhadap dirinya sendiri, bagaimana memandang dirinya, sikap menerima dan menolak dan percaya terhadap kemampuannya. Tujuan studi ini untuk untuk mengidentifikasi Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Tingkat Harga Diri Remaja di SMA Negeri 12 Medan Tahun 2023. Method studi ini menggunakan metode korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi sebanyak 321 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 74 responden. Hasil penelitiaan ini  menunjukkan bahwa penggunaan media sosial mayoritas kategori peringatan sebanyak 73 responden (98,6%). Dan kategori tingkat harga diri tinggi sebanyak 46 responden (62,2%). Hasil uji Chi-square menunjukkan nilai p= 0,432 yang berarti tidak ada hubungan signifikan antara penggunaan media sosial dengan tingkat harga diri remaja di SMA Negeri 12 Medan Tahun 2023. Kesimpulan Penelitian ini dapat dijadikan sebagai sumber informasi untuk menggali lebih dalam lagi faktor-faktor lain yang mempengaruhi penggunaan media sosial pada remaja

Keywords

Harga Diri rendah Media sosial

Article Details

How to Cite
Ginting, F., Saragih , H. ., & Lusiana , N. . (2024). Hubungan Penggunaan Media Sosial Dengan Tingkat Harga Diri Remaja Di SMA Negeri 12 Medan Tahun 2023. JURNAL KEPERAWATAN CIKINI, 5(1), 98 - 109. https://doi.org/10.55644/jkc.v5i01.156

References

  1. Al Aziz, A. A. (2020). Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Tingkat Depresi pada Mahasiswa. Acta Psychologia, 2(2), 92–107. https://doi.org/10.21831/ap.v2i2.35100
  2. Andreassen, C.S., Pallesen, S. & Griffiths, M.D. 2016. The Relationship Between Addictive Use of Social Media, Narcissim, and Self-Esteem: Findings From a Large National Survey. Addictive Behaviors. doi:10.1016/j.addbeh.2016.03.006.
  3. Dewi, C. G., & Ibrahim, Y. (2019). Hubungan Self-Esteem (Harga Diri) dengan Perilaku Narsisme Pengguna Media Sosial Instagram pada Siswa SMA. Jurnal Neo Konseling, 1(2), 2019. https://doi.org/10.24036/0099kons2019
  4. Fazry, L., & Apsari, N. C. (2021). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Cyberbullying Di Kalangan Remaja. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat (JPPM), 2(2), 272. https://doi.org/10.24198/jppm.v2i2.34679
  5. Hidayati, A. N., & Indrijati, H. (2019). Hubungan Antara Self-Esteem Dengan Perilaku Cyberbullying Pada Remaja Pengguna Instagram Di Surabaya. Naskah Prosiding Temilnas XI IPPI, September, 20–21.
  6. Hendrawati, S., & Sriati, A. (2020). Tingkat Kecanduan Media Sosial pada Remaja. Journal of Nursing Care, 3(1), 41–53. https://jurnal.unpad.ac.id/jnc/article/view/26928
  7. Intervensi, J., & Jisp, P. (2021). Dampak Bullying Terhadap Perilaku Remaja Masa Kini. Jurnal Intervensi Sosial Dan Pembangunan (JISP), 2(1), 50–58. https://doi.org/10.30596/jisp.v2i1.3976
  8. Masril, M., & Lubis, F. W. (2020). Analisis Penggunaan Media Sosial dan Penyebaran Hoax Di Kota Medan. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 6(1), 11–22. https://doi.org/10.31289/simbollika.v6i1.2937
  9. Najib, M. A., Sugiarto, A., & Erawati, E. (2018). Swafoto Narsistik dan Harga Diri Remaja. INSAN Jurnal Psikologi Dan Kesehatan Mental, 2(2), 103. https://doi.org/10.20473/jpkm.v2i22017.103-110
  10. Prakoso, D. D. A. (2019). Hubungan cyberbullying dengan harga diri pada remaja SMP Negeri 5 Kepanjen
  11. Putri, W. S. R., Nurwati, N., & S., M. B. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Remaja. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.24198/jppm.v3i1.13625
  12. Ratna Puri, P., Samsudin, A., Rismawati Siddik, R., & Studi Bimbingan dan Konseling, P. (2021). Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Mi Muslimin Yang Memiliki Kepercayaan Diri Rendah. 4(3), 191-199
  13. Rafiq, A. (2020). Dampak Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Suatu Masyarakat. Global Komunika, 1(1), 18–29.
  14. Refnadi, R. (2018). Konsep self-esteem serta implikasinya pada siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 16. https://doi.org/10.29210/120182133
  15. Supratman, L. P. (2018). Penggunaan Media Sosial oleh Digital Native. Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 15(1), 47–60. https://doi.org/10.24002/jik.v15i1.1243
  16. Tantri, W. (2019). Pengaruh Harga Diri Dan Gender Terhadap Cyberbullying Pada Remaja. Jurnal Psikologi, 11(1), 1–9. https://doi.org/10.35760/psi.2018.v11i1.2069
  17. Umami, M., & Rosdiana, A. M. (2022). Intensitas Bermedia Sosial dan Self Awareness Pada Remaja. Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 9(1), 133–145. https://doi.org/10.35891/jip.v9i1.2674
  18. Utami, M. N. (2021). Hubungan antara harga diri dan cyberbullying pada remaja di media sosial. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(2), 408–420.