Main Article Content

Abstract

Mahasiswa adalah orang yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi, baik itu universitas, maupun akademi. Self
efficacy atau efikasi diri merupakan persepsi individu akan keyakinan kemampuannya melakukan tindakan yang
diharapkan ketika berhadapan dengan hambatan atau kesulitan. Tujuan, Untuk mengetahui Hubungan Efikasi Diri
dengan Ansietas pada Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Metode Penelitian ini menggunakan metode kuntitatif. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional dan menggunakan penelitian deskriptif analitik. pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling dengan sampel berjumlah 755 responden, uji statistik yang digunakan uji spearman untuk mencari tahu kolerasi hubungan antar variabel. Variabel Efikasi diri menggunakan kuesioner GSE (General Self Efficacy) sedangkan variabel Ansietas menggunakan State Anxiety Inventory (SAI). Hasil Berdasarkan hasil analis data pada penelitian ini bahwa dari 775 responden paling banyak mahasiswa berjenis kelamin perempuan (63,5%) dengan rentang usia 17-25 Tahun (98,6%) program studi S1 Manajemen 145 (18,7%) bertempat tinggal terbanyak di kos (38,8%) riwayat berkuliah paling banyak yaitu mahasiswa yang belum pernah kuliah 712 (93,0%). hasil uji analisis statistic menggunakan uji spearman didapatkan nilai berdasarkan output di atas, diketahui nilai p.value= 0,000 < α = 0,05 maka dapat di artikan bahwa ada hubungan yang signifikan (bermakna) antara Efikasi diri dengan Ansietas mahasiswa baru Ha diterima dan Ho ditolak maka hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan Efikasi Diri dengan Ansietas pada mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Kesimpulannya Berdasarkan hasil penelitian adanya Hubungan positif Efikasi Diri dengan Ansietas pada mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur. Efikasi diri yang tinggi akan mampu menurunkan ansietas pada mahasiswa baru dalam
masa perkuliahan yang dijalani.

Keywords

Ansietas Efikasi diri Mahasiswa

Article Details

How to Cite
Saputri , H. ., Fitriani, D. R. ., & Damaiyanti, M. . (2024). Efikasi Diri Dampak pada Ansietas Mahasiswa Baru. JURNAL KEPERAWATAN CIKINI, 5(2), 283 - 291. https://doi.org/10.55644/jkc.v5i02.162

References

  1. Airlangga, B. B., & Dkk. (2020). Hubungan Depresi, Ansietas Dan Stres Terhadap Nyeri Leher Pada Mahasiswa Angkatan 2016 Program Studi Sarjana Kedokteran Dan Profesi Dokter Universitas Udayana. Jurnal Medika Udayana, 10(2), 70.
  2. Al Aziz, A. A. (2020). Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Media Sosial dan Tingkat Depresi pada Mahasiswa. Acta Psychologia, 2(2), 92–107. https://doi.org/10.21831/ap.v2i2.35100
  3. Anggraeini, N. (2018). Gambaran Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Tingkat Tiga D-III Keperawatan Dalam Menghadapi Uji Kompetensi Di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 1(2), 131. https://doi.org/10.17509/jpki.v1i2.9752
  4. Chafsoh, A. M. (2020). Munculnya Culture Shock Pada Mahasiswa Baru Dalam Perkuliahan Daring Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Sejarah Artikel, 1(1), 1–11.
  5. Duarsa, H. A. P. (2019). Hubungan Efikasi Diri Dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Tahun Pertama Di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Tahun 2018. Medula, 10, 223–228.
  6. Hermansyah. (2020). Mari Jaga Kesehatan Jiwa di Tengah Pandemi COVID-19. https://pikobar.jabarprov.go.id/articles/mari-jaga-kesehatan-jiwa-di-tengah-pandemi-covid-19-artcl.kg0bg2fch06nste08ew
  7. Hotijah, S., Ikhtiarini Dewi, E., & Hadi Kurniyawan, E. (2021). Hubungan Tingkat Kecemasan dengan Kualitas Tidur pada Mahasiswa Baru Luar Pulau Jawa Universitas Jember. E-Journal Pustaka Kesehatan, 9(2), 111–115.
  8. Indriyati, I., Herawati, V. D., Sutrisno, S., & ... (2021). Pengaruh Terapi Komplementer Dengan Mendengarkan Murottal Al-Quran Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Mahasiwa Tingkat …. Proceeding of The …, 997–1011.
  9. Kurniawan, A. (2021). Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli Beserta Peran dan Fungsinya.
  10. Manesi, D. (2022). Meningkatkan efikasi diri (self efficacy) pada kadet mahasiswa pendidikan paramiliter. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(1), 696–701.
  11. Manurung, A. (2022). Efikasi Diri Dengan Ansietas Dalam Menghadapi Skripsi Pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah 7, 7(1), 187–191.
  12. Mawaddah, H. (2019). Analisis efikasi diri pada mahasiswa psikologi UNIMAL. Jurnal Psikologi Terapan, 2(2), 19–26.
  13. Nirwana, Ayu Wardani, D., Abiyoga, A., & Dwi Novial, L. (2019). Hubungan Antara Tingkat Stres Dengan Efikasi Diri Mahasiswa Semester Akhir S1 Keperawatan Reguler Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Wiyata Husada. Jurnal Medika Karya Ilmiah Kesehatan, 4(2), 2541–4615. http://jurnal.stikeswhs.ac.id/index.php/medika/article/view/96
  14. Novrianto, R., Marettih, A. K. E., & Wahyudi, H. (2019). Validitas Konstruk Instrumen General Self Efficacy Scale Versi Indonesia. Jurnal Psikologi, 15(1), 1. https://doi.org/10.24014/jp.v15i1.6943
  15. Oetomo, P. F., Yuwanto, L., & Rahaju, S. (2019). Faktor Penentu Penyesuaian Diri pada Mahasiswa Baru Emerging Adulthood Tahun Pertama dan Tahun Kedua. Jurnal Ilmiah Psikologi MIND SET, 8(02), 67–77. https://doi.org/10.35814/mindset.v8i02.325
  16. Sanger, M. F. T., Bidjuni, H. J., & Buanasari, A. (2022). Hubungan Efikasi Diri Dengan Tingkat Ansietas Mahasiswa Praktik Profesi Ners Program Studi Ilmu Keperawatan Fk Unsrat Manado Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Keperawatan, 10(1), 99. https://doi.org/10.35790/jkp.v10i1.36320
  17. Saraswati, N., Dwidiyanti, M., Santoso, A., & Wijayanti, D. Y. (2021). Hubungan Efikasi Diri dengan Kecemasan Menyusun Skripsi pada Mahasiswa Keperawatan. Holistic Nursing and Health Science, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.14710/hnhs.4.1.2021.1-7
  18. Sasmita, I. A. G. H. D., & Rustika, I. M. (2015). Peran Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Tahun Pertama Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 280–289. https://doi.org/10.24843/jpu.2015.v02.i02.p16
  19. Setiyani, R. Y. (2018). Perbedaan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Baru Di Fakultas Ilmu Kesehatan Dan Non Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Jurnal Psikologi Integratif, 6(1), 16. https://doi.org/10.14421/jpsi.v6i1.1469
  20. Siregar, I. K., & Putri, S. R. (2020). Hubungan Self-Efficacy dan Stres Akademik Mahasiswa. Consilium : Berkala Kajian Konseling Dan Ilmu Keagamaan, 6(2), 91. https://doi.org/10.37064/consilium.v6i2.6386
  21. Windarwati, H. D. (2020). “Takut Kehilangan” Penyebab Kecemasan Keluarga Yang Merawat Anak Dengan Hospitalisasi Di Rumah Sakit. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 3(2), 197–202. https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj/article/download/584/328