Main Article Content

Abstract

Latar belakang Mahasiswa tidak bisa terhindar dari kegiatan belajar atau keharusan menyelesaikan tugas kuliah. Mahasiswa yang hanya memfokuskan diri dalam mengerjakan tugas secara berlebihan akan berdampak pada kesehatannya. Hal ini mengakibatkan terganggunya interaksi sosial, pola makan serta kualitas tidur. Kualitas tidur yang terganggu ditandai, merasa ngantuk serta kesulitan berkonsentrasi. Kurangnya konsentrasi dalam belajar akan merugikan diri mahasiswa itu sendiri karena tidak mendapatkan apapun dari pelajaran tersebut. Tujuan: mengetahui hubungan kualitas tidur dengan konsentrasi belajar pada mahasiswa keperawatan tingkat akhir. Metode observasional analitik dengan cross sectional dengan jumlah 125 Responden, menggunakan uji chi square. Hasil Tidak ada hubungan antara kualitas tidur dengan konsentrasi belajar pada mahasiswa keperawatan tingkat akhir, dengan nilai p-value = 0,684 Kesimpulan Tidak adanya hubungan yang signifikan antara kualitas tidur dengan konsentrasi belajar pada mahasiswa keperawatan tingkat akhir. Saran bagi peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian menggunakan variabel dependen kecerdasan intelektual dengan sampel yang lebih banyak sehingga memperoleh hasil penelitian yang lebih akurat

Keywords

kualitas tidur konsentrasi belajar

Article Details

How to Cite
Luhulima , M. ., Yemina, L., Maria Pangaribuan, S., & Widiastuti, S. H. (2024). Hubungan Kualitas Tidur dengan Konsentrasi Belajar pada Mahasiswa keperawatan Tingkat Akhir. JURNAL KEPERAWATAN CIKINI, 5(2), 143 - 150. https://doi.org/10.55644/jkc.v6i02.176

References

  1. Arifin, Z. (2020). Hubungan kualitas tidur dengan konsentrasi belajar pada mahasiswa keperawatan universitas muhammadiyah purwokerto. Human Care Journal, 5(3), 650-660.
  2. Avico, R. S., & Mujidin, M. (2014). Hubungan antara konformitas dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Bengkulu yang bersekolah di Yogyakarta Universitas Ahmad Dahlan].
  3. Basri, M. S., Yohani, A. M., & Suri, I. (2022). Hubungan Motivasi Belajar dengan Konsentrasi Belajar pada Mahasiswa Bahasa Jepang Universitas Riau (Penelitian Korelasi pada Mahasiswa Semester IV Prodi Pendidikan Bahasa Jepang di Universitas Riau). Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 8(1), 217-224.
  4. Dewi, A. P. (2015). Hubungan antara kualitas tidur dan kuantitas tidur dengan prestasi belajar mahasiswa. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Keperawatan, 2(2), 1178-1185.
  5. Djamalilleil, S. F., Rosmaini, R., & Dewi, N. P. (2020). Hubungan Kualitas Tidur Terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Baiturahmah Padang Angkatan 2018. Journal Health and Medical Journal, 3(1), 43-50.
  6. Febrianto, R., Hariyanto, T., & Ardiyani, V. M. (2017). Hubungan Antara Kualitas Tidur Dengan Tingkat Depresi Pada Lansia Di Posyandu Lansia Tunggul Wulung Lowokwaru Kota Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2(1).
  7. Foundation, N. S. (2018). National Sleep Foundation’s 2018 sleep in America poll shows Americans failing to prioritize sleep.
  8. Gustiawati, I., & Murwani, A. (2020). Hubungan Kualitas Tidur Dengan Konsentrasi Belajar Siswa Kelas VII Dan VIII. Jurnal Kesehatan Poltekkes Kemenkes RI Pangkalpinang, 8(2), 107-113.
  9. Handojo, M., & Ngantung, D. (2018). Hubungan gangguan kualitas tidur menggunakan psqi dengan fungsi kognitif pada ppds pasca jaga malam: relationship between sleep quality disabled using PSQI with cognitive function at pasca ppds night paper. Jurnal Sinaps, 1(1), 91-101.
  10. Hulukati, W., & Djibran, M. R. (2018). Analisis tugas perkembangan mahasiswa fakultas ilmu pendidikan universitas negeri gorontalo. Jurnal Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 2(1), 73-80.
  11. Keswara, U. R., Syuhada, N., & Wahyudi, W. T. (2019). Perilaku penggunaan gadget dengan kualitas tidur pada remaja. Holistik Jurnal Kesehatan, 13(3), 233-239.
  12. Kusuma, I. G. N. A. W., Surya, S. C., Aryadi, I. P. H., Sanjiwani, M. I. D., & Sudira, P. G. (2022). Hubungan Antara Kualitas Tidur dengan Gangguan Cemas pada Mahasiswa Selama Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Epidemiologi Kesehatan Komunitas, 7(2), 562-570.
  13. Martfandika, D. A. (2018). Kualitas tidur mahasiswa keperawatan dalam menyusun skripsi di universitas ‘aisyiyah yogyakarta Universitas' Aisyiyah Yogyakarta].
  14. Maulina, A. D., Nurhayati, E., & Dewi, M. K. (2016). Hubungan kualitas tidur dengan daya konsentrasi pada mahasiswa tingkat empat fakultas kedokteran Universitas Islam Bandung. Prosiding Pendidikan Dokter, 343-349.
  15. Muhtazah, F., Kahanjak, D., & Nugrahini, S. (2023). Hubungan Kualitas Tidur dengan Konsentrasi pada Mahasiswa preklinik Fakultas Kedokteran Universitas Palangka Raya Tahun 2022. Medica Palangka Raya: Jurnal Riset Mahasiswa, 1(1).
  16. Mulya, F. D., Putri, K. M., & Ramadhanti, S. (2021). Pengaruh Banyaknya Tugas Terhadap Kesehatan Mahasiswa Itera.
  17. Murwani, A., & Umam, M. K. (2021). Hubungan intensitas penggunaan smartphone dengan kualitas tidur pada mahasiswa angkatan 2017 program studi ilmu keperawatan di Stikes Surya Global Yogyakarta. Jurnal Formil (Forum Ilmiah) Kesmas Respati,
  18. Ratnaningtyas, T. O., & Fitriani, D. (2019). Hubungan stres dengan kualitas tidur pada mahasiswa tingkat akhir. Edu Masda Journal, 3(2), 181-191.
  19. Retnawati, S. A., & Imelda, K. (2019). Hubungan Kualitas Tidur Dengan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Akademi Kebidanan Anugerah Bintan. CAKRAWALA KESEHATAN: Kumpulan Jurnal Kesehatan, 10(02).
  20. Safitri, E. I., Siswantoro, E., & Indrawati, I. (2022). Hubungan penggunaan media sosial dengan kualitas tidur dan konsentrasi belajar. Journals of Ners Community, 13(1), 64-70.
  21. Setiyorini, E. (2016). Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat konsentrasi belajar mahasiswa semester 1 program studi pendidikan ners STIKes Patria Husada Blitar. Jurnal Ners dan Kebidanan (Journal of Ners and Midwifery), 3(3), 247-252.
  22. Statistik, B. P. (2022). Jumlah mahasiswa. Data dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi
  23. Winata, I. K. (2021). Konsentrasi dan motivasi belajar siswa terhadap pembelajaran online selama masa pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 5(1), 13.
  24. Yulistiani, D., Fajrani, S., Nugrahanti, R., & Fathan, M. J. A. Hubungan Kualitas Tidur terhadap Konsentrasi Belajar pada Mahasiswa Klaster Kesehatan Universitas Gadjah Mada.