Main Article Content

Abstract

 Big data  adalah istilah untuk informasi yang sangat besar, diproses dengan cepat dan bervariasi atau beragam. Sedangkan big data dalam praktik keperawatan adalah istilah untuk pengelolaan data yang sangat besar yang berasal dari data-data pasien yang menggunakan teknologi big data dalam penerapan pratik keperawatan seperti electronic nursing record (ENR), dsb. Salah satu perannya untuk memberikan asuhan keperawatan seperti pendokumentasian yang  lebih efektik, efisien & akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat pemahaman mahasiswa Akademi Keperawatan Husada Karya Jaya tentag big data dalam praktik keperawatan. Penulisan Karya Tulis Ilmiah ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode analisa secara deskriptif yang bertujuan untuk melihat gambaran fenomena yang terjadi didalam suatu populasi tertentu dan dengan pendekatan Cross Sectional dimana data yang menyangkut variabel, akan dikumpulkan dalam waktu yang bersamaan. Pengumpulan data dilakukan secara langsung terhadap responden dengan lembar kuesioner. Hasil, disimpulkan bahwa tingkat pemahaman mahasiswa tentang  big data umum pada jenis kelamin perempuan 52,3%, laki-laki 50,6%, semester II 44,5%, Semester IV 47,1% dan semester VI 62,8% dengan rata-rata berkategori rendah. Selanjutnya tingkat pemahaman mahasiswa tentang  big data kesehatan pada jenis kelamin perempuan 46,9%, laki-laki 49,3%, semester II 42,7%, Semester IV 47,8% dan semester VI 48,5% dengan rata-rata berkategori rendah. Terakhir tingkat pemahaman mahasiswa tentang  big data keperawatan pada jenis kelamin perempuan 39,4%, laki-laki 45,1%, semester II 37,7%, Semester IV 49,5% dan semester VI 45,6% dengan rata-rata berkategori rendah. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian bahwa tingkat pemahaman mahasiwa Akademi Keperawatan Husada Karya Jaya rata-rata masuk kategori rendah, hal ini dikarenakan belum tersosialisasinya kepada mahasiswa mengenai big data dalam praktik keperawatan serta minimnya dalam mencari sumber informasi.

Keywords

Tingkat Pemahaman, Big data, Praktik Keperawatan

Article Details

How to Cite
Erdianto, & Sitinjak, L. (2020). TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA AKADEMI KEPERAWATAN HUSADA KARYA JAYA TENTANG BIG DATA DALAM PRAKTIK KEPERAWATAN. JURNAL KEPERAWATAN CIKINI, 1(2). Retrieved from https://jurnal.akperrscikini.ac.id/index.php/JKC/article/view/33

References

  1. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
  2. Fatmawati, U. (2015). Pengaruh Electronic Medical Record (EMR ) Terhadap Keselamatan dan Pelayanan Pasien. Retrieved October 25, 2019, from https://www.kompasiana.com/azizah3/54f383617455139f2b6c79a7/pengaruh-electronic-medical-record-emr-terhadap-keselamatan-dan-pelayanan-pasien.
  3. Hidayat, Sholeh, 2013. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Bandung.
  4. Masturoh, I., & T, A. N. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan (Pertama). Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
  5. Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta
  6. Prayogo, R. (2016). Peranan Big Data dalam Dunia Kesehatan. Retrieved October 20, 2019, from https://dailysocial.id/post/peranan-big-data-dalam-dunia-kesehatan/
  7. Situmorang, Z. (2016). ORASI ILMIAH Pemanfaatan Teknologi Big Data Dalam Perspektif Ilmu Komputer dan Kesehatan. Medan.