Main Article Content

Abstract

Keperawatan digambarkan sebagai profesi yang bekerja dengan penuh kasih dan caring, karena pengetahuan pemahaman tentang caring sangatlah diperlukan untuk meningkatkan kenyamanan dan kepuasan klien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi tingkat pengetahuan mahasiswa keperawatan tentang caring di AKPER RS PGI CIKINI Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif analitik pada 52 mahasiswa semester IV melalui teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa keperawatan memiliki tingkat pengetahuan yang cukup tinggi dengan komponen compassion dan competence mendapatkan peringkat tertinggi dengan persentase kedua komponen tersebut sama, yaitu tinggi (98,10%) dan sedang (1,9%). Komponen confidence mendapatkan peringkat terendah dengan persentase yaitu tinggi (51,9%) dan sedang (48,1%). Dari hasil yang didapatkan institusi pendidikan keperawatan diharapkan dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk mempraktikkan pengetahuan caring yang telah diberikan dalam melaksanakan tugas kepada klien

Keywords

Pengetahuan Caring Mahasiswa Keperawatan

Article Details

How to Cite
Giovanni, E., Gamayana Trimawang Aji, Y., & Widiastuti, S. H. . (2021). GambaranTingkat Pengetahuan Mahasiswa Keperawatan tentang Caring di AKPER Rumah Sakit PGI Cikini. JURNAL KEPERAWATAN CIKINI, 2(2). https://doi.org/10.55644/jkc.v2i2.58

References

  1. Adib-Hajbaghery, M., & Dianati, M.. (2005). Undergraduate nursing students’ compatibility with the nursing profession. BMC Medical Education, 5 (25).
  2. Agus Purwanto, Erwan dan Dyah Ratih Sulistyastuti. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Untuk Administrasi Publik, dan Masalah-masalah Sosial. Gaya Media: Jogyakarta.
  3. Brubaker, C.L. (2005). An instrument to measure ethical caring in clinical encounters between student nurses and patients (Dissertations & Theses Global). Illinois State University.
  4. Cuadra, D.S., & Famadico, L.F. (2013). Male nursing students’ emotional intelligence, caring behavior and resilience. International Journal of Arts & Sciences, 6 (3), 243-260 : http://universitypublications.net/ijas/0603/ html/ijas-cont-0603.pdf, Diakses 12 Juni 2019. Pukul 15.40 WIB.
  5. Milanti, A. (2007). Sikap caring mahasiswa FIK UI (Tugas Akhir, tidak dipublikasikan). Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat.
  6. Nasution, S. (2000). Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara
  7. Notoatmodjo, S. (2007). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta : Rineka Cipta.
  8. Notoatmodjo, S. (2010). Metode Pengumpulan Data. Jakarta: Rineka Cipta.
  9. Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
  10. Potter & Perry. (2005). Buku Ajar Fundamental Keperawatan Konsep, Proses, dan Praktik. Edisi 4 Volume 1. EGC. Jakarta
  11. Radsma, J. (1944). Caring and nursing : A dilemma. Journal of Advanced Nursing, 20, 444-449.
  12. Sartika, Nanda. (2011). Konsep caring menurut Jean Watson (Online) : www.pedomannews.com. Diakses pada 9 April 2019. Pukul 14.37 WIB.
  13. Tedjomuljol, S. & Afifah, E. (2016). Tingkat Pengetahuan Mahasiswa Keperawatan Tentang kode Etik Profesi Dan Caring.
  14. Watson, Jean. (2004). Theory of human caring : http://www2.unchse.edu/son/caring. Diakses pada 9 April 2019. Pukul 15.53 WIB.