Main Article Content

Abstract

Latar belakang: Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) membuat orang tua terganggu pikirannya karena belum dapat beradaptasi terhadap pembagian waktu antara pekerjaan dan pengawasan anak sehingga meningkatkan tingkat stres orang tua dan jika orang tua tidak bisa beradaptasi maka orang tua dapat melakukan kekerasan pada anak. Metode: yang digunakan adalah penelitian kuantitatif deskriptif korelasional dengan desain cross-sectional study. Responden dalam penelitian ini ialah ibu rumah tangga yang memiliki anak  SD kelas II, III, dan IV berjumlah 86 orang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2021. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner The Brief-COPE untuk mengukur mekanisme koping dan Perceived Stress Scale untuk mengukur tingkat stres serta dianalisis secara univariat  dan bivariat dengan menggunakan Kendall’s Tau C. Hasil:  penelitian ini menunjukkan bahwa  mekanisme koping adaptif (93,0%) lebih banyak dibandingkan dengan mekanisme koping maladaptif (7,0%). Ibu rumah tangga yang mengalami stres tinggi sebanyak (46.5%)Terdapat hubungan yang tak bermakna antara  mekanisme koping dan tingkat stres diperoleh nilai (p value = 0,943 (α = < 0,05). Rekomendasi penelitian diharapakan agar ibu rumah tangga dapat mempertahankan dan mengelola stressor yang dihadapi selama metode Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) berlangsung di masa pandemi agar dapat menggunakan mekanisme koping yang lebih adaptif. Responden juga diharapakan dapat mengidentifikasi faktor penyebab kecenderungan penggunaan mekanisme koping maladaptif supaya bisa dicegah dan dapat beradaptasi dengan masalah yang dihadapi di situasi pandemi Covid-19.

Article Details

How to Cite
Waty, R. S., Pasaribu, J. ., & Rasmada, S. (2022). Mekanisme Koping dan Tingkat Stres Ibu Rumah Tangga Terhadap Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). JURNAL KEPERAWATAN CIKINI, 3(2). https://doi.org/10.55644/jkc.v3i2.75

References

  1. Adi, N., Oka, D., & Wati, N. (2021). Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1).
  2. Clemente, M. . (2016). Stress and Psychological Well-being: An Explanatory Study of the Iranian Female Adolescents. Department of Psychology, University of Corunna, 4(1), 100–282.
  3. Firman, & Rahayu. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science, 2(2).
  4. Hafida, Lilih, Wilanika, Ludi, & Sapta. (2019). Penurunan Motivasi dan Keaktifan Belajar Siswa selama Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Universitas Negeri Semarang.
  5. Handarini, O. . (2020). Pembelajaran Daring sebagai Upaya Study From Home (SHF). Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503.
  6. Kandemu, A. R., Mokay, M. M., & Makagiansar, M. M. (2021). Gambaran Stres dan Mekanisme Koping Ibu dengan Anak yang Mengikuti Pembelajaran Daring di Salah Satu SDN. Universitas Pelita Harapan.
  7. Kusniyatun, U., Astuti, F. B., & Bintoro, W. (2014). Relationship between Coping Mechanism to Level of Stress of Housewives. Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia, 7(2), 35–40.
  8. Mastoah, I., & MS, Z. (2020). Kendala Orangtua dalam Mendampingi Anak Belajar pada Masa Covid 19 di Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Anak Di Usia Dini, 5(2), 120–128.
  9. Perwitasari, D. T., Nurbeti, N., & Armyanti, I. (2016). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkatan Stres pada Tenaga Kesehatan. Jurnal Cerebellum, 2(3), 554–561.
  10. Raihana. (2020). Pengelola Emosi Ibu pada Anak selama Pembelajaran dari Rumah (Dampak Pandemi Covid-19). Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 132–139.
  11. Tirajoh, C. V, Munayang, H., & Kairupan, B. H. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Kecemasan Orangtua Murid di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Biomedik, 13(1), 49–57.